Minggu, 19 April 2020

Materi PAI Kelas 5 Tema : Lukman Al Hakim



السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kali ini bapake akan membahas sebuah tema yang sudah kalian nantikan, tema kali ini mengisahkan keteladanan seseorang yang sangat Allah muliakan sehingga orang ini namanya tercantum dalam kitab suci Al-Quran, nama surah ini yaitu surah Luqman.

Jadi tema kali ini bapake akan membahas tentang Kisah Teladan Lukman, dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut :
Selanjutnya bapake akan membahas Siapakah Luqman? dan Luqman banyak beryukur kepada Allah.
Siapakah Luqman?
Luqmān adalah hamba Allah yang saleh.
Beliau bukan nabi, bukan pula Rasul, namun kisah hidupnya diabadikan dalam Al Quran karena penuh hikmah. Beliau menjadi seorang  ayah pilihan Allah.
Dia berkebangsaan Habsyi berasal dari kota Sudan. Pekerjaannya sebagai tukang kayu, tubuhnya pendek, dia memiliki kekuatan dan mendapat hikmah dari Allah, sehingga nasihat yang disampaikan kepada anaknya diabadikan dalam  Al Qur’ān. Luqman Al Hakim (ahli hikmah) adalah orang yang disebut dalam Al-Qur’an surah Luqman :12-19
Luqmān adalah anak dari Bau’ra bin Nahur bin Tareh, dan Tareh bin Nahur merupakan nama dari Azar ayah nabi Ibrahim AS. Luqmān hidup selama 1.000 tahun. Ia menjadi guru Nabi Dāwūd AS sebelum diangkat menjadi nabi. Pekerjaan Luqmān pada awalnya adalah tukang kayu, tukang jahit dan juga menggembala domba. Ia kemudian diangkat menjadi qadhi (hakim).   Luqmān menikah dan dikaruniai banyak anak, akan tetapi semua anaknya meninggal dunia ketika masih kecil. Semua itu ia terima dengan ikhlas, karena ia yakin dan sadar bahwa semua yang terjadi adalah atas kehendak Allah SWT.
dibawah ini ilustrasi Luqman menasihati anakanya:



Pembahasan kedua bapake akan menceritakan kisah Luqman banyak bersyukur kepada Allah SWT.
Syukur adalah berterima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan-Nya kepada kita. Sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam QS Al Luqman : 12
Bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan tahmid, bunyi bacaan tahmid yaitu Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, yang artinya “segala puji bagi Allah tuhan semesta alam”.
Mensyukuri nikmat rizqi karunia Allah dengan cara membelanjakan harta di jalan Allah, contohnya untuk berinfaq, sadaqah, dan untuk dikeluarkan zakatnya.
Mensyukuri nikmat jasmani dengan menggunakan anggota tubuh kita untuk menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangan Allah SWT. Contohnya mengerjakan salat, mengaji, mencari ilmu dan lainya.
berikut akan ditampilkan video tentang Luqman yang terdapat dalam surah Luqman ayat 12-19:


Setelah kalian membaca dan menonton video, untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikir kalian secara rasional, logis, dan kritis, jawablah kuis dibawah ini :



Demikianlah materi kali ini, semoga kita dapat mengambil hikmah dari keteladanan kisah Lukman Al Hakim dalam kehidupan sehari-hari.
Akhirul kalam
ُوالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه  

2 komentar:

SOAL PAT PAI SD KELAS 6

KEGIATAN RAMADHAN KELAS 2

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته Apa kabar kalian hari ini?  pasti tetap semangat dan ceria, kali ini tuk mengisi kekosongan har...

Materi PAI Kelas 5 Tema : Lukman Al Hakim